Wednesday 18 November 2015

LOSARI BREBES KAMPUNG PENGHASIL BAWANG MERAH

Kali ini pengen nyeritain tentang losari nih sob kampung halaman sendiri
Losari ini merupakan sebuah kecamatan yang terletak dikabupaten brebes tapi ada juga losari yang masuk kabupaten cirebon karena memang daerahnya terletak diperbatasan antara jawa barat dan jawa tengah  jadi yang jawa barat masuk kabupaten cirebon sedangkan yang jawa tengah masuk kabupaten brebes keduanya hanya dibatasi oleh kali cisanggarung.


]
 
Berhubung saya tinggalnya dilosari brebes jadi yang diceritain kampung sendiri saja deh.

Dikampung saya ini desa pengabean kramat kebanyakan penduduknya adalah petani yang biasa menghasilkan bawang merah,cabai merah,padi dan lain-lain.Biasanya para petani disini mulai sibuk saat mulai musim penghujan tiba karena saat musim penghujan mereka bisa mulai menggarap lahan-lahan mereka untuk ditanami aneka tanaman namun kebanyakan para petani dikampungku ini biasanya lebih banyak yang menanam bawang merah sebagai komoditas utamanya.


Biasanya saat musim tani ini ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya pada sibuk dilahan masing-masing dan ada juga yang bekerja harian dilahan milik petani lain namun untuk mencari tenaga harian saat musim tani tidaklah mudah karena kebanyakan sudah dibooking lebih dulu oleh para pemilik lahan untuk dipekerjakan dilahannya.

Untuk tanaman bawang merah setelah ditanam selama 50-60 hari biasanya sudah memasuki masa panen saat panen ini biasanya masa-masa ekonomi dikampung hidup karena semua golongan dari anak ibu bapak banyak mendapat penghasilan dari bawang merah apalagi saat harga bawang merah lagi tinggi huhhh pokoknya benar-benar ramai deh .


 Hasil panen bawang merah dari losari ini biasanya langsung dikirim kekota-kota besar seperti jakarta dan sekitarnya bahkan ke seberang pulau.




Bagi mereka yang belum pernah melihat lahan pertanian bawang ini tentu sangat senang melihat kebun bawang merah,kita seperti berwisata alam melihat kebun-kebun para petani yang hijau dipenuhi bawang merah bahkan bukan hanya dikebun dirumah-rumah pun banyak terdapat bawang merah .


Tapi saat harga bawang merah lagi murah kasihan juga para petani disini karena hasil kerja kerasnya tidak dapat menghasilkan malah terkadang banyak juga yang tidak dapat mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan, akibat dari harga yang hancur ini para petani banyak yang merugi biasanya penyebab harga bawang merah hancur adalah akibat terjadi over stok dipasaran yang membuat harga bawang jatuh.


Haduh cuacanya gerah udah dulu deh ya ceritanya mau ngopi dulu wassalam.

No comments:

Post a Comment